Pengalaman Apply Visa Amerika Serikat

By Nela Navida - August 27, 2016

Dear Readers!

Di sini saya akan berbagi pengalaman saya ketika mengajukan visa Amerika Serikat tanpa bantuan agen perjalanan. Kira-kira bulan Januari 2016 silam, saya mengajukan aplikasi visa tersebut untuk keperluan konferensi Harvard National Model United Nations 2016 di Boston, MA, Amerika Serikat. Prosesnya tidak terlalu lama tetapi cukup menegangkan. Saya sampai tidak bisa tidur karena takut pengajuan visa saya ditolak sebab konon visa Amerika Serikat adalah visa tersulit dan memiliki tingkat penolakan tertinggi. Akan tetapi berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa, pengajuan ini cukup lancar tanpa halangan yang mengganggu. Tidak perlu berlama-lama, saya akan langsung kembali pada topik utama yaitu cara apply visa Amerika Serikat yang akan saya ceritakan menjadi tiga bagian (langkah 1, langkah 2, dan langkah 3). Let's check it out!

LANGKAH 1 

  • Niatkan keberangkatan Anda ke Amerika Serikat, entah itu untuk mengunjungi sanak saudara, diundang konferensi, atau apapun itu. Sebab jika Anda tidak terlalu berniat mengunjungi negara Adi Daya ini, Anda hanya akan membuang-buang waktu, pikiran, dan uang. Oiya, artikel ini saya buat khusus untuk visa non-imigran, jadi kalau Anda mengajukan visa imigran, mohon segera beralih mencari keyword lain di google.
  • Tentukan jenis visa yang Anda butuhkan. Dalam kategori visa non-imigran umum, kira-kira ada lebih dari 20 jenis. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa cek di link berikut [jenis-jenis visa non-imigran umum]. Jangan lupa untuk memilih jenis visa yang sesuai dengan keadaan Anda.
  • Tidak seperti visa lainnya yang umumnya dibayarkan setelah wawancara, visa Amerika Serikat mewajibkan applicant untuk melakukan pembayaran sebelumnya. Bahkan, pembayaran biaya visa ini adalah syarat untuk Anda bisa menjadwalkan waktu wawancara. Sebelum Anda melakukan pembayaran, Anda diwajibkan untuk membuat profil di website ini. Pemohon visa akan diminta mengisi formulir sesuai yang diminta di dalamnya. Di sinilah Anda harus memasukkan keterangan jenis visa apa yang Anda ajukan. Penampakan websitenya kira-kira begini:
  • Di akhir pengisian profil, Anda akan menemui pilihan metode pembayaran. Terdapat dua tipe pembayaran yakni EFT dan Cash Payment. Nanti Anda akan mendapatkan deposit slip yang di dalamnya ada virtual number yang akan digunakan untuk pembayaran. Berdasarkan pengalaman, saya menggunakan cash payment yang dilakukan di Bank CIMB Niaga. Melakukan cash payment di CIMB Niaga cukup mudah, kita hanya tinggal memberikan deposit slip dan otomatis akan langsung diproses dan kita akan mendapatkan semacam bukti pembayaran. Jangan lupa simpan bukti pembayaran karena ini sangatlah penting untuk mengakses laman pengaturan jadwal wawancara serta untuk dokumen pendukung saat wawancara di Kedutaan Amerika Serikat. 
  • Jika kamu sudah sampai pada tahap ini, tunggu kurang lebih 24 jam untuk pemrosesan pembayaranmu. Setelah jangka waktu ini, nomor bukti pembayaranmu akan kamu bisa gunakan untuk mengakses laman pengaturan jadwal wawancara. Dengan cara masuk kembali ke website ini. Pilihlah jadwal sesuai dengan kondisimu, jangan sampai kamu tidak bisa hadir karena uangmu akan terbuang sia-sia (non-refundable). Jika sudah sampai tahap ini, langkah pertamamu sudah selesai.                                            


LANGKAH 2 


  • Di langkah ini, kamu perlu untuk mengisi formulir DS-160 di website ini. Kamu akan memerlukan waktu kira-kira 25 menit untuk mengisi keseluruhan form. Selain membutuhkan waktu, tahap ini juga perlu ketelitian supaya tidak ada informasi yang salah, sebab form ini nantinya akan digunakan sebagai verifikasi data-datamu. Tampilan websitenya kira-kira seperti ini:
  • Nantinya sebelum masuk ke halaman formulir kita akan memilih lokasi pengajuan visa yang kita inginkan. Di Indonesia ada dua lokasi yakni di Jakarta dan Surabaya. 
  • Di tahap ini Anda juga memerlukan foto ukuran 5x5 dengan ketentuan detail seperti yang dipaparkan dalam link ini: https://travel.state.gov/content/visas/en/general/photos.html
  • Sebelum memulai aplikasi kamu bisa terlebih dahulu memeriksa apakah foto yang kamu miliki sudah memenuhi syarat atau belum. Berdasarkan pengalaman saya, saya sampai melakukan foto dua kali karena 'merasa' tidak memenuhi syarat. Ada yang mengatakan telinga harus terlihat, tetapi karena saya merasa tidak nyaman saya tidak melakukan apa yang banyak dikatakan orang. Saya tetap foto dengan menggunakan jilbab biasa. Setelah foto yang pertama jadi, saya khawatir foto saya tidak memenuhi syarat meskipun di website menyatakan foto saya sudah memenuhi. Akhirnya saya memutuskan untuk foto kembali supaya muka terlihat semua (alis tidak terpotong seperti di foto pertama).
Foto Pertama 
Taraaa...foto kedua
(keliatan muka aslinya :p)
  • Setelah masalah perfotoan selesai, kini saatnya mengisi formulir tersebut dengan sebenar-benarnya dan seksama.

    Sneak Peek apa saja yang perlu diisi dalam formulir DS-160
  • Setelah selesai mengisi kini Anda bisa melangkah ke step berikutnya. 

LANGKAH 3

  • Apakah kamu sudah memiliki jadwal wawancara dan mengisi penuh formulir DS-160? 


  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. PEMBERITAHUAN NOTICE NOTICE.
    Saatnya kita semua mulai mencari diri sendiri, nama saya Hussein Anwar dari Surabaya, Indonesia. Namun saat ini tinggal di Kuala Lumpur Malaysia dengan dua daugthers saya.
    Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran dan mendorong semua orang di sini. Mendapatkan pinjaman online tidak semudah kelihatannya, saya mendapat pinjaman online pertama saya di tahun 2011 setelah saya kehilangan istri saya untungnya bagi saya saya dapat bertemu dengan pembayaran saya dan saya melunasi pinjaman dalam waktu yang tepat. Pada bulan Oktober 2017 saya membutuhkan uang untuk membiayai kembali bisnis saya tetapi saya sudah kehilangan kontak dengan perusahaan yang memberi saya pinjaman. Saya mencoba mencari online tetapi saya akhirnya mempercayai sebuah perusahaan pinjaman tanpa iuran, saya telah kehilangan lebih dari Rp25.000.000 sebelum saya menyadari. Saya mendorong semua orang untuk berhati-hati dan pintar ketika mencari pinjaman online, tanda-tandanya jelas TIDAK, saya ulangi DO tidak mempercayai perusahaan peminjam yang menggunakan domain email gratis seperti. @ gmail.com .... @ yahoo.com ...... @ outlook.com atau ...... @ hotmail.com. mereka semua palsu. tidak ada perusahaan pinjaman nyata yang menggunakan surat semacam itu.
    Pada bulan Mei 2018, saya mendapat surat dari pos blog dan ketika saya menghubungi saya, saya mendapatkan pinjaman dalam waktu 48 jam setelah menyelesaikan proses verifikasi saya. Terima kasih FINANSIAL GLOBAL ..
    jika Anda memerlukan pinjaman bisnis mendesak atau pinjaman pribadi, Anda dapat menghubungi perwakilan pinjaman saya, seorang wanita yang baik dengan nama Sarah Harvey. Saya yakin sebagian besar dari kita mengenalnya karena dia telah membantu banyak orang dari negara kita.
    Email.- sarahharvey@myglobalfinancefund.com
    TOLONG jangan hubungi dia jika Anda tidak dapat membayar kembali pinjaman Anda atau berniat melarikan diri setelah mendapatkan pinjaman Anda ..
    Terima kasih

    ReplyDelete