Sekelumit Cerita Winter Exchange AIESEC

By Nela Navida - April 05, 2014

Hello, pals!


Karena dulu sebelum memutuskan untuk berangkat ikutan AIESEC, aku selalu searching di google tentang tetek bengeknya. Sekarang sepertinya akan menjadi sebuah hal yang baik kalau aku juga share mengenai informasi ini. Menyadari bahwa berbagi info adalah salah satu pahala yang akan membawa kita ke surga. Hahaha. 

Pertama, yang harus aku jadikan sebagai introduction adalah sebuah hal klasik. Apa itu AIESEC dan kenapa harus ikutan exchange melalui AIESEC? 
Kedua, akan aku ceritakan alur dan proses seleksi. Ketiga, akan aku ceritakan mengenai apa sih yang harus dipersiapkan. Keempat, akan aku ceritakan tentang apa yang dilakukan ketika exchange dan kesimpulan. 


Apa itu AIESEC dan Kenapa Harus Ikutan Exchange Melalui AIESEC?

coba diperhatikan baik-baik ya!
Kata kuncinya adalah the global youth network and leadership development experiences. Sip. Dapet kan definisinya? Sekarang langsung ke point kenapa harus ikutan exchange melalui AIESEC. Siapa yang bilang sih kalo harus ikutan exchange lewat AIESEC? Aku gak bilang lho ya. Aku seperempat yakin di benak kita kalo denger mengenai, exchange ke luar negeri kan terkesan keren gitu gak sih, guys? Kalo iya ikuti paragraf berikutnya.

Exchange bukan melulu keintrinsikan kekerenan 'pernah ke luar negeri beserta foto-foto kerennya'. Tapi soal jawabanmu sendiri kenapa kamu pengen merasakan pengalaman itu. Aku pribadi, memilih AIESEC buat exchange adalah untuk merasakan hidup yang lain. Saya bosan dengan kehidupan dengan melihat gedung yang sama, orang-orang yang sama, dan apa-apa yang selalu sama di hadapanku. Kebetulan ketemu AIESEC, yaudah deh terus kita jadian. 

Well, buat para pencari kesempatan exchange biasanya juga bakal tahu AFS. Itu merupakan penyesalan terbesar ketika SMA kenapa gak bener-bener usaha buat dapet kesempatan itu. Jadi, AIESEC ini sebenernya juga merupakan titik balik penyesalan tidak bisa ikut kesempatan-kesempatan emas ketika di bangku putih abu-abu (padahal seragamnya gak putih abu-abu). Dan juga, berhubung ini adalah kesempatan buat nambah pengalaman aktivitas sosial alias volunteering. Satu lagi, saatnya membuka mata membuka telinga. Globalisasi harusnya bukan malah membuatmu tak smau melihat dan tak mau mendengar yang di luar sana. Pandangan bahwa globalisasi yang melulu berdampak negatif bisa kita analisis  lebih jauh lewat exchange ini.

Oiya, AIESEC ini bukan seperti exchange yang umumnya ya. Bukan mencicip kuliah di universitas lain di beda negara melainkan melakukan projek sosial.

 Alur dan Proses Seleksi

Sebelum melalui alur dan proses seleksi ini, coba digali-gali dulu gimana itu AIESEC? Gimana alurnya, google memberi sejuta kemudahan buat kita mencari tau sebuah informasi, dan apakah organisasi ini menurutmu tepat sebagai wadah kamu bisa ikut exchange. Seperti seleksi pada umumnya kamu harus mengisi penuh formulir yang telah disediakan oleh pihak panitia. Selanjutnya kalau lolos, yang harus dihadapi adalah tahap Focus Group Discussion (FGD) yang isinya adalah kita diberi sebuah kasus lalu dalam kelompok tersebut kita akan berdiskusi mengenai bagaimana menyelesaikan kasus tersebut. Di sini yang harus diterapkan adalah bagaimana kamu mengungkapkan pendapat dengan baik. Kalau lolos (FGD) ini akan ada Interview dan Cultural Performance. 

Interview nya seputaran tentang tujuan kamu mengikuti exchange AIESEC, apa kelebihanmu dan apa kekuranganmu, serta studi kasus semisal ada masalah dalam exchange kamu. Kalau menurut pengalamanku, jawab apapun dengan jujur. Untuk Cultural performance itu, waktu itu aku presentasi tentang makanan khas Indonesia. Huehehehehe. Simple karena aku yakin makanan itu bisa membawa nama baik Indonesia ke mata dunia. Setelah rangkaian seleksi tersebut akan ada pengumuman siapa-siapa saja yang akan berangkat exchange. Oiya, seluruh proses seleksi ini menggunakan bahasa Inggris. Nah, pesan sponsor dari aku adalah, dare to speak English. 

ini ada beberapa cerita juga tentang proses seleksi AIESEC, siapa tahu bisa jadi referensi :


Apa Sih yang Harus Dipersiapkan?

Sesudah lolos, yang harus dipersiapkan adalah uang. Uang. Iya benar uang. *zoom in zoom out* Awalnya juga gatau sih kalau ternyata setelah lolos kita akan membayar uang Rp 2.500.000,00. Hmmm, gak kecil kan nominalnya? Nah coba, di sini dipikirin lagi kalo misal lolos. Tanyakan pada panitia, uang itu untuk apa? Rinciannya bagaimana? Jadi kalau sesuai dengan 'surat perjanjian', biaya untuk mendapatkan ID di myaiesec.net adalah Rp 1.000.000,00. website tersebut akan menghubungkan kita ke AIESEC di luar Indonesia sana, tepatnya pada AIESEC yang akan menjadi penampungn kita nanti. Nah setelah kita dapat ID tersebut kita bisa mengakses dan mendaftar untuk ikut sebagai dalam volunteer program tersebut. 

Aku sempet super galau, bakal lanjutin program tersebut atau engga. Pertama, coba deh pikirin Rp 2.500.000,00 adalah nominal yang besar dan untuk apa? Untuk apa? Kita volunteering, udah pesawat bayar sendiri terus suruh bayar 2.500.000,00 rupiah? Hayo, galau gak? Jadi, coba dipikir lagi deh buat yang lolos. Pastikan dengan  uang muka segitu, apakah kamu akan menerima kepuasan yang setimpal? Ini bisa dikritisi aja sih. 

Sebagai tambahan cerita, di saat galau-galaunya, ke pihak akademik perkuliahan buat nanyain prosedural ijin. Petugas Akademik langsung 'menasehati', "Ngapain ikut AIESEC??? Ga jelas gitu programnya. Semua orang bisa ikut itu, asal punya duit. Ga ada manfaatnya menurut saya. Tapi ya terserah kamu sih. Yang pasti kalo saran saya gausah ikut itu, fakultas aja punya banyak exchange yang bagus." tambah galau aku memutuskan buat konsultasi ke pihak dekanat. Hasilnya tambah dibuat galau nih, waktu itu bicara dengan wakil dekan bidang akademik. Beliau menceritakan bahwa anaknya dulu juga sempat akan mengikuti program exchange AIESEC, namun beliau pada perspektif ketidakprofesionalan organisasi tersebut beliau tidak mengijinkan anaknya berangkat meski sudah membayar Rp 2.500.000,00. Tapi beliau tidak memihak, beliau juga menceritakan ada juga anak dosen 'yang lainnya' yang juga ikut program, sukses mengikuti program dengan baik dan tidak mengalami sesuatu yang di luar harapan. dan terakhir yang membuat aku galau adalah, kakak tingkat yang pernah berkecimpung di organisasinya, 'meski tidak ikut program exchangenya'. Mengatakan, "organisasi ini hedon, kamu tau uang Rp 2.500.000,00 itu buat apa sebenarnya? Buat party bule-bulenya dan nari-nari roll dance.". Namun, aku tidak menelan pernyataan itu bulat-bulat.

Udah kerasa galaunya belum? Hihihi.

Nah kalau udah yakin tetep berangkat, silakan apply project yang kamu inginkan. Aku kebetulan apply project yang mengenai masalah 'human rights' untuk orang-orang dengan keterbatasan fisik dan mental. Judul projectnya adalah, "Break Up The Barriers"  di Eskisehir, Turki. Untuk apply kita akan mengirimkan CV (standar eropa) dan motivation letter. Buat yang mau liat gimana CV dan motivation letternya, comment aja terus tinggalin alamat emailnya. Dan setelah itu menunggu jawaban, jika mereka cocok dengan CV dan motivation lettermu maka pihak AIESEC yang kita apply tersebut akan mewawancarai kita. Setelah itu, kita menunggu deh, apakah bakal lolos atau tidak. Kebetulan saya sekali daftar itu dan kemudian lolos, eh saya daftar juga ke Taiwan dan Malaysia ding. Tapi tidak direspon sama sekali. Mungkin pihak Taiwan dan Malaysia tidak tertarik dengan CV yang saya punya. 

Setelah diterima, kamu akan mendapatkan Acceptance Letter dan juga Invitation Letter guna persyaratan VISA. Nah untuk yang negara Turki, tersedia VISA khusus untuk AIESEC. Di sini saya jadi yakin, orang negaranya saja sampai menetapkan VISA khusus jadi saya percaya saja organisasi ini tidak seburuk yang dibisikkan oleh para tetua saya.

Untuk persyaratan VISA, akan saya posting di post berikutnya saja ya. Supaya lebih jelas dan lebih lengkap karena ini menurutku krusial dan harus jelas. :)


Apa yang Dilakukan Ketika Exchange dan Kesimpulan.

Kenapa Turki yang aku pilih? Kenapa Eskisehir? Jawabannya, aku memang sudah lama ngidam pergi ke negara ini. Dan menjawab ketidaksampaian untuk kuliah di Eskisehir. 

Kabatas-Uskudar, Istanbul. Keliatan juga tuh Sultan Ahmet dan Galata Towenya.

Di sisi kiri ada Eropa, di sisi kanan ada Asia.

Dolmabahce, Istanbul

Aya Sofia

Aizonai, Kutahya. Peradaban Kuno Phrygian. 100BC

Salah satu taman di Eskisehir

Ski resort Bursa.
Setelah sampai di sini, jangan lupa jalan-jalan ya. Itu juga pesan dari orang Kedutaan Turki. Dia mengatakan bahwa jangan hanya terpaku mengerjakan project tapi jalan-jalanlah, karena Turki sangat indah buat dikunjungi. Dan memang benar, aku setuju. Banyaaaaaaaaaak sekali hal-hal yang aku dapatkan di sini, mulai dari bagaimana tata kota dan tata wilayah sangat mempengaruhi mobilitas warga. Dan bagaimana memperlakukan dan mencintai anak-anak dengan keterbatasan mental, dan fakta-fakta yang membawaku akan terus berjalan menyusuri dunia. 

Persoalan exchange ini akan berarti atau tidak sekali lagi tergantung pada diri sendiri, dari yang aku jalani selama winter exchange 2014 ke Eskisehir, Turki. saya merasa puas. Aku mendapatkan teman-teman yang berasal dari berbagai negara, Slovakia, Moroko, Bahrain, Brazil, India, Pakistan, Pantai Gading, dan Turki tentunya. Berbagi ilmu dan cerita juga bisa membuat kita lebih terbuka dan bukan melulu mempersoalkan keburukan ikut mengglobal. Ya memang, beberapa diantara mereka menyukai party dan minum minuman alkohol. Dan hampir seminggu tiga kali melakukan ritual itu. Ya itulah faktanya, kita tidak bisa dipaksa sama. Memahami fakta ini juga merupakan hikmah dari perjalanan ini. Aku tidak sama sekali menyesal, ini pengalaman berharga. 

Cerita sedikit mengenai project yang aku lakukan, aku melakukan observasi dan juga mengajar di pusat rehabilitasi anak cacat mental. Aku sangat menyayangi mereka, dengan mengenalnya aku merasakan bahwa mereka juga sama seperti kita diberi kesempatan hidup sebagai manusia. Mereka pun butuh pendidikan mereka butuh kasih saya hanya saja lain cara dan kadarnya. 

yasin, ummuhan, meltem, ismail, murid-murid di Somet Zihinsel 



Kesimpulannya : ini pengalaman AIESECku. Seperti ini. Memang hanya sekelumit, karena terlalu panjang untuk di jabarkan. Ayoooo, gimana? Kalau memang mau ikut Good Luck ya :)


NB: AIESEC LC Salah satu universitas di Kota Pelajar



=======================================================================

Hi! This is  a link to my newest post about AIESEC Program http://www.nelanavida.top/2016/02/sekelumit-cerita-tentang-aiesec.html. I hope it will help you to go through your lifetime experience.

  • Share:

You Might Also Like

415 comments

  1. great post kak!:D I'm an AIESECer too. baru keterima taun ini. kak, boleh liat proposal project nya ga? buat gambaran aja, aku tertarik di bidang social and stuffs.
    ini email saya salmadiass@gmail.com
    thanks a lot:D
    negara rekomendasi selain turki apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Salma! :D makasih juga sudah mampir di blog. Selamat ya, dan semoga nanti bakal jadi pengalaman yang bermanfaat. Untuk rekomendasi dan proposal project aku kirim di email ya? :)

      Delete
  2. Persis banget galau2nya :"") Aku juga mau dong liat contoh rekomendasi dan proposal project hehe kirim ke usalamah@hotmail.com. Thanks a lot :)

    ReplyDelete
  3. Halo kak, makasih bgt infonya ini sangat bermanfaat! :) aku jg lg galau2nya tp aku memutuskan utk ikut, boleh dikirim ke aku jg gak proposal projectnya? Emailku auzi.amazia@gmail.com Oiya apa kakak pake sponsor jg? Daan project yg ditawarkan itu ada apa aja ya? Aku trtarik dgn yg kegiatan sosial, budaya, pariwisata dan conservation gt ada gak ya?

    ReplyDelete
  4. hallo kak, makasih ya dpt info dan pencerahan buat brgkt juga nh haha. anyway, bole minta juga ga proposal project dan rekomendasinya? hehe tolong kirim ke amalyaputriyuliansyah@yahoo.com ya :)

    ReplyDelete
  5. Hello mba, kenalin aku Nungki, january ini aku mau exchange AIESEC ke Philipine, btw bisa tolong kirimin contoh proposalnya ke nungki.virawati@aiesec.net mba?buat pertimbangan nyari sponsor, makasih mba :)

    ReplyDelete
  6. halo Nela. aku Ekas. InsyaAllah aku juga mau exchange nih hehe. mau juga dong contoh proposal projectnya buat jadi bahan referensi biar gk bingung hehe. susantiriyadi@gmail.com itu emailku. ditunggu. makasih yaah. :)

    ReplyDelete
  7. Hallo kak
    Saya Khoiri. InsaAllah aku mau exchange. Aku butuh contoh proposal project buat bahan refensi. Bisa di email ke khoiri.n19@gmail.com

    Terima Kasih
    Khoiri

    ReplyDelete
  8. WOWOW! nice articel hehe :D
    By the way can you send me your proposal project, CV and Motivation Letter to nurulhijriani96@gmail ? Please :D

    ReplyDelete
  9. Kak Nela, saya juga sedang dalam tahap untuk mengikuti Winter Exchange Fair dari AIESEC UGM dan juga benar benar ingin ke Turki kaak.. mohon juga dikirimkan ke usyizzani@gmail.com ya kak, sebagai panduan dan saya juga berharap bisa nanya nanya ke kakak. Makasih kak, ditunggu email nya kak :)

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Kak Nela, mau banget secercah lighningflood untuk reference CV dan motivation letter nya kak, kalau tidak keberatan, pingin lihat banget proposal project seperti apa. terimakasih banyak sebelumnya kak, ditunggu sangat di basandaev@gmail.com

    Salam, Basanda.

    ReplyDelete
  12. Halo Kak Nela...

    Trims banget udah nulis dan share pengalaman selama ikutan AIESEC ini.. Jadi terinspirasi buat apply heheh
    Ka aku boleh liat rekomendasi sm proposal projectnya ga? ini email aku emysrir@yahoo.com Thanks before ka Nela ;)))

    warm regards,

    Emy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah maaf sekali baru saya baca komen-komen nya. Terima kasih juga sudah membaca artikel ini. Nanti akan saya kirimkan ya, mohon ditunggu :)

      Delete
  13. halo kak, inspiratif sekali postingan nya, kalo boleh tau dulu pakai sponsor tdk, kalau iya boleh saya minta contoh proposal nya? kalau berkenan mohon kirim ke email lulubee83@gmail.com , saya ingin skali ikut program ini dan terkendala dalam pendanaan. mohon bantuannya, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Lulu Bee! Sebelumnya maaf ya baru baca komennya. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Anyway, waktu itu saya pakai. Untuk contoh proposal nanti saya kirimkan ya. Ditunggu :)

      Delete
  14. Hai! Aku galau banget nih pengen exchange tp jd agak ragu setelah membaca tulisan kamu. Aku tahun ini ada minat untuk daftar AIESEC tapi aku angkatan 2012 hehe telat gak sih? Aku soalnya pengen cari pengalaman gitu dan berhubung aku juga belum lulus kuliah, aku rasa ada baiknya dicoba daftar lagi (pas semester 1 pernah daftar tp di tahap pertama aja udh gagal). Oiya, emgnya kalau ikut AIESEC pasti semua tujuannya exchange ya? Mksdnya, yang ga lolos untuk exchange itu terus ngapain dong? Tolong bantuannya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, maaf sekali baru baca komen-nya. Sebenarnya untuk telat atau engga-nya, aku bisa bilang engga telat. Tetapi untuk AIESEC sendiri, juga ada program internshipnya lho (dan dibayar). Menurut saya, itu lebih baik untuk mahasiswa yang sudah menempuh tahun terakhirnya. Untuk program yang saya ceritakan ini, adalah program Global Youth Ambassador, jadi tidak dibayar dan bersifat volunteering. Untuk nanti yang tidak lolos exchange, tidak bisa berangkat periode itu tapi bisa dipending untuk periode berikutnya. Semoga membantu, terimakasih sudah membaca artikel ini! ;)

      Delete
  15. halo salam kenal kak
    ka kebetulan aku berminat buat daftar aisec nih ka
    boleh minta kirimin contoh proposal project, CV dan Motivation Letter ke mahfud.ainunn@yahoo.com
    makasih banyak ka atas bantuannya

    ReplyDelete
  16. kak boleh minta tolong bisa sharingpengalaman + kirimin CV gak kaa di fajarpratama87@gmail.com, anw thankyou kak

    ReplyDelete
  17. Kak kirim juga dong proposal projectnya di rafiq_fiki@yahoo.com buat jd refrensi,sekalian mau nanya2 info tentanv pengalamannya kak hehe.makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  18. kak aku juga mau dong proposal projectnya kirim ke mutiakharniz@gmail.com insyaallah mau ikut exchange juga thn ini. makasih ya kaa

    ReplyDelete
  19. good post :) boleh dong kaka aku minta cv standar eropanya plus proposal projectnya yaaa :) baru ikutan tahun ini soalnya dan kalo bisa share rincian biayanya mbak makasihh :) ini emailku Adhinhidayat@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  20. kak mau cth cv sama proposal nya dong ke saniahumaira@live.com :))) , btw kmrn pakai sponsor ? minta sponsornya kmn aja yaa ka ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh sekali, nanti coba saya kirimkan ya! ditunggu! :)

      Delete
    2. Ka..boleh minta juga ke email Saya, dzulfadli11@gmail.com makasih Ka... :)

      Delete
    3. Ka..boleh minta juga ke email Saya, dzulfadli11@gmail.com makasih Ka... :)

      Delete
  21. kak mau contoh cv nya dongg skalian ada tips2 gak kak buat nyari sponsor? kirim ke sini ya kak deby_vamor@yahoo.com
    makasiih

    ReplyDelete
  22. Halo kaak, salam kenal yaa. Btw aku mau contoh cv sama proposalnya ya , ini emailku: kantyriana@gmail.com
    Makasih banyaaak, sukses terus kak :)))

    ReplyDelete
  23. Hallo, salam kenal Nela! Wah, keren banget pengalamannya.. Aku jadi pengen nyoba ikut AIESEC. Boleh nggak kirim contoh CV dan motivation letternya? kalo boleh sekalian proposalnya hihihi makasih yakk.. ayusalfiani@yahoo.com

    ReplyDelete
  24. Halo Nela,that was great experiance and very inspiring. I just selected as Global Youth Ambassador Programme Summer. and now I'm preparing my self vo exchange to thailand (singpore and malaysia too) sorry to ask,do you mind to share ur proposal to my email beby0425@gmail.com thanks before 😊

    ReplyDelete
  25. Haloooo kaaaaaaa...boleh kirim contoh cv sm proposalnya ga?? tolong kirim ke novputri29@yahoo.co.id yaaa. makasih :)

    ReplyDelete
  26. Syiffasyafiah@yahoo.co.id
    Halooo kak, saya syiffa dari bogor. Winter ini rencana projek aisec k Turki jugaa. Mohon share cv sm proposal projeknya yaaa, smga slalu diberkahi. Thnkyou beforeee.

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. halo mba makasih udah share kebetulan saat ini(30 april 2015) saya mengikuti OPS dikampus saya. bisa gak kirimin contoh proposal mba? kebetulan saya apply juga yang masih berhubungan dengan human rights (re: pendidikan)
    tolong dikirim ya ke niamanro@ymail.com makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  30. haloo kak, boleh minta tolong dikirimin contoh proposal untuk sponsornya nggak ke bellarzka@gmail.com? Terima kasih sebelumnya kak, btw aku juga tertarik bgt sama program ttg human rights soalnya :D

    ReplyDelete
  31. kakaa boleh minta file contoh proposal buat sponsornya juga? santisulistya@yahoo.com

    ReplyDelete
  32. Halo saya Syiffa dr Bogor, blh mnta cnth cv sm proposal projeknya yaa? Ke syiffasyafiah@yahoo.co.id trmksh sblmnya, sukses

    ReplyDelete
  33. hallo kak, terimakasih udah share cerita. ngemotivasi aku banget deh
    sama kayak yang lain bisa minta kirim proposal, cv and motivation latter nya kak.. makasih ya
    dhilahanannur@gmail.com

    ReplyDelete
  34. hallo kak.. ceritanya menarik kak, bisa minta bantuannya buat kirim cv, motivation letternya ke Sylanadzwa@gmail.com, sebelumnya terimakasih ya kak

    ReplyDelete
  35. aku minat banget nih kak, boleh kirim contoh proposalnya ke afasari11@gmail.com

    ReplyDelete
  36. Trimakasih mbak sdh berbagi, boleh dikirimkn CV ke sembiringbefry@gmail.com Trimakasih

    ReplyDelete
  37. Halo kak saya panji raga, saya keterima AIESEC UGM untuk summer tahun ini, kak boleh saya minta cv sma motivation letternya? kalo boleh tolong di kirim ke email saya ya kak
    panji.raga1996@gmail.com
    makasih kak sblmnya

    ReplyDelete
  38. Hai kak, makasih buat infonya. Doain aku ya kak, aku jg InshaAllah pengen ikutan winter program AIESEC ke Turki, doain aku ya kak. Oh ya, aku boleh minta motivation letter dan contoh proposal nya kak? Ini email aku frissillia@gmail.com
    thank u so much ya kak^^

    ReplyDelete
  39. kak tolong kirimin cv, motiv letter sama propo nya kesini dong
    nainggolanmomos@yahoo.com

    ReplyDelete
  40. Wah keren banget kak. Saya juga mau ikutan winter program ini kak, doakan ya kak. Kak mau juga dong contoh dokumen yang dibutuhin kayak proposal, motivation letter, cv, etc boleh ya kak hehehe. Ini emailku kak suhadjerahk@gmail.com. Tesekkurler ablacim

    ReplyDelete
  41. COOL :d
    Saya juga baru ajah keterima nih kak dan galau banget pengen lanjut atau enggak...
    Boleh dong kak minta contoh dokumen yang dibutuhkan buat proses selanjutya... contact.ifany@gmail.com
    Jazakillah khairan katsiran... makasih kak :)

    ReplyDelete
  42. Wah bermanfaat banget nih infonya. Boleh Kak dikirimin berkas yg dibutuhkan untuk keperluan exchange ke annisazahra97@gmail.com. Terima kasih. :)

    ReplyDelete
  43. Kak boleh minta CV dan motivation letter? Ini emailku rossalinakrnwn@gmail.com terimakasih kak

    ReplyDelete
  44. Nice. Thank you for sharing and inspiring. You've helped many people (I included) by your experience. Could you please send your CV, motivation letter, proposal project to zhrtlhaya@gmail.com? It'll be my reference. Thanks in advance :)

    ReplyDelete
  45. Halo kak Nela! Kenalan dulu kaa, nama aku Okta. Aku masih kuliah baru mau naik tingkat 2. Aku tertarik untuk ikutan exchange AIESEC juga tapi belum sempat untuk seriusin ngurusnya. Pengennya sih pakai sponsor juga kak tapi aku masih minim info soal pengajuan dan yg lainnya seputar si sponsorship ini. Kalau waktu itu kakak ngajuinnya kemana aja? Terus dari waktu CV kita diterima dan dapat project ada waktu berapa lama untuk ngurus sponsornya kak? Oh iya satu lagi, aku boleh minta CV, motlet sama proposal kakak ngga sebagai referensiku? Emailku oktaindahsulistyorini@gmail.com. Terima kasih banyak kak Nela, have a nice day!

    ReplyDelete
  46. Kak aku juga mau dong, buat referensiku ini emailnya erlinpujiastuty@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  47. Hello kak,keren banget postingan nya😍 membantu aku banget untuk bisa go exchange lewat AIESEC karena aku sekarang udh dapet bayangan gimana nanti exchange lewat AIESEC.rencana nya aku juga mau exchange ke turki kak.aku butuh banget referensi dari kakak,tolong kirimin cv,motivasi letter dan proposal project nya ya kak ke novitaanistiya10@gmail.com . Terimakasih sebelum nya :)

    ReplyDelete
  48. Halo Kak Nela! Ya ampuuuuun menarik banget pengalamannya. Dan galaunya juga kerasa. Aku emang tau AIESEC bayar 2,5 juta, tp baru kerasa galaunya pas baca ini hehe. Bisa nggak sih kak ambil sponsor? Dan kakak kenapa nggak coba nyari sponsor? ._.
    Kalo boleh minta sample CV dan motivation letternya ya kak, sama rekomendasi negara atau proyeknya hehe. Makasih banyak kakak! :)

    ReplyDelete
  49. Hallo kak, aku juga lg galau banget nih kak, aku baru apply untuk winter 2015 ini. Rencananya si kalo ga Turki atau Thailand. Aku mau dong kak CV, proposal project dan motivation letternya buat referensi. Ini email aku kak nadyarosyalina@rocketmail.com
    Makasii kak

    ReplyDelete
  50. Kaaaa makasih bgt ya infonya hehe aku jg pengen bgt ikut exchange dan lagi cari2 info seputar ini. Ka bisa minta dikirim jg ga cv&motivation letters kaka ke emailku ireniatennovia18@yahoo.com sekalian rincian biaya&keperluan kaka selama di turki. Thanks before kaaaa

    ReplyDelete
  51. Makasih banget ya kak infonya. Jadi ada gambaran lebih tentang aiesec. Aku jg jd pengen apply yg ke turki jadinya. Hahahaha. Kak bagi contoh rekomendasi dan proposal projectnya dong ka ke edu.nfsjimmy@gmailc.om thank you kaaa :)

    ReplyDelete
  52. Kak makasih udh sharing pengalamannya :)) boleh beritau contoh motivation letter+cv nya gak? Kirim ke delapril@ymail.com

    ReplyDelete
  53. Thanks ya kak udah sharing pengalamannya. Kak untuk cv,motivation letter, dan proposal project bisa minta tolong di share ke ijmalistiqlaliah@gmail.com ngga? Makasih sebelumnya ya kak

    ReplyDelete
  54. Makasih kak udah sharing pengalamannya.. Kak, aku mau minta contoh CV, motivation letter, dan proposal project. Tolong dikirim ke aisyahwidyans@gmail.com . Thank you kaaak :)

    ReplyDelete
  55. halo kak aku EP untuk winter tahun ini dan rencana untuk pergi ke turkey juga. apa boleh minta contoh cv dan motivation letternya untuk referensi ke alamat mmaysitha@yahoo.com ? Makasih kakk :)

    ReplyDelete
  56. Haloo kaa aku EP untuk winter akhir tahin ini .ka aku boleh minta contoh CV, Motivation letter dan proposal project tolong kirim ke email ku ya ka Nhida16@gmail.com makasih banyaaak ka :))

    ReplyDelete
  57. Halo kak menarik sekali postingannyaa. Aku rencana winter ini juga mau exchange dan berminat ke Turki. Boleh minta contoh CV dan Motivation Letter nya untuk referensi? Kirim ke intannrahma@gmail.com ya.Trimakasih ya kak :)

    ReplyDelete
  58. Halo kak menarik sekali postingannyaa. Aku rencana winter ini juga mau exchange dan berminat ke Thailand/Malaysia. Boleh minta contoh CV dan Motivation Letter nya untuk referensi? Kirim ke faustina.martha@gmail.com ya.Trimakasih ya kak :) Trs tips u/nyari sponsor nya gimana ya??

    ReplyDelete
  59. Kak mau contoh cv motivation letter sama proposalnya dong. Sama rekomendasi buat sponsornya juga. Lucindastefanie@gmail.com itu ya kak. Makasihhhh

    ReplyDelete
  60. halo kak, saya boleh minta contoh CV & motivation letter, proposal? it would be great. email ke sini ya ahmadjamalfathoni@gmail.com thank you!:)

    ReplyDelete
  61. kakkk mau juga ya kakk buat inspirasi, saya juga aiesec-er nih kak hehe. athiyyanabila@yahoo.co.id makasiya kakk

    ReplyDelete
  62. Thank u kak buat sharing pengalamannya yg inspiring banget. Boleh minta proposal nya? Thank u yaaa :D

    ReplyDelete
  63. Ka, aku mnta contoh cv, motivation letter sama proposal'a yaa, oh iya detail biaya pengeluaran pas berangkat juga dong kak. Makasiih kaka ��
    ennitariana@yahoo.com

    ReplyDelete
  64. Halo, kak aku juga AISECers nih kebetulan mau berangkat desember ini.. kalau boleh tahu, kakak waktu itu minta sponsor ke mana ya? Karena aku juga lagi galau nih mau lanjut sign contract atau engga :( kalau ya, boleh aku minta contoh proposal kakak? Bisa tolong dikirim ke rakheebhatari@gmail.com. Makasih banyak ya kak :)

    ReplyDelete
  65. halo kak senior,tolong juga ya contoh motivation letter dan proposalnya....ditunggu ya di fieifvans@gmail.com MAKASIH kaka...

    ReplyDelete
    Replies
    1. atau di sini kak fieqryifvans@rocketmail.com

      Delete
    2. yang email kedua aja kaka...yg pertama bermasalah

      Delete
    3. yang email kedua aja kaka...yg pertama bermasalah

      Delete
    4. atau di sini kak fieqryifvans@rocketmail.com

      Delete
  66. Boleh minta cth cv dan proposalnya? Makasiii:) zfnygln@gmail.com

    ReplyDelete
  67. halooo kak, sangat menginspirasi...
    kalau boleh, mau minta contoh CV, motiv letter, proposal, sama untuk sponsornya kaak, k email antonyhalim16@gmail.com
    makasii :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak Nelaa, aku juga minta contoh proposal sponsor dan motivation letter dongg.
      Emailku : fransiskasonia@yahoo.co.id
      Makasihh sebelumnya kakk :D

      Delete
  68. halo kak boleh kirim contoh email dan propsal nya ke email ku ga? kenyahan@hotmail.com Terimakasih :)

    ReplyDelete
  69. Hai kak Nela, salam kenal. Aku sally, sedang akan mengikuti AIESEC Global Citizen Program, galau juga karena 2,5 yg akan dibayar bingung mau lanjut apa engga, apalagi kalo misal kita ga bisa krn suatu hal, duit bakalan hangus, belum lg ntar flight fare nya. Aku mau dong ka contoh cv,motivation letter, dan proposal sponsornya, makasih ya kak sebelum nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ada yg ketiggalan, email nya: sallya42@gmail.com. thankyou ka :))

      Delete
    2. Eh ada yg ketiggalan, email nya: sallya42@gmail.com. thankyou ka :))

      Delete
  70. Hai kak Nela, salam kenal. Aku sally, sedang akan mengikuti AIESEC Global Citizen Program, galau juga karena 2,5 yg akan dibayar bingung mau lanjut apa engga, apalagi kalo misal kita ga bisa krn suatu hal, duit bakalan hangus, belum lg ntar flight fare nya. Aku mau dong ka contoh cv,motivation letter, dan proposal sponsornya, makasih ya kak sebelum nya :)

    ReplyDelete
  71. Hi kak Nela
    kak boleh minta contoh CV, Motivation letter, sama cpmtoh proposal social project kakak dong
    ini email saya : muhamadadriantanjung@gmail.com
    thak you atas inspirasi nya kak

    ReplyDelete
  72. Halo kak, aku juga ikut AIESEC nih, tapi baru sampai tahap induction, belum cari2 project, hehehe. Kakak dulu cari sponsor juga? Aku boleh minta contoh proposal kakak waktu cari sponsor gak? tolong kirimkan ke email ku yaa rk.khairunnisa@gmail.com . Thank you so much! Wish me luck :)

    ReplyDelete
  73. hai kak, boleh nanya2 ga seputar interview nya, aku jg berencana ikut AIESEC tahun ini
    nih alamat email ku rialmuharni@gmail.com

    ReplyDelete
  74. halloo kak.. aku mau nanya dong tentang yg galau2 nya jadi ikutan aisec. apa sihh yg buat kakak akhirnya milih tetap join?? hehehe sekalian contoh cv sama proposalnya dong kakak... widya.silaen.ws@gmail.com
    terimakasihh :)

    ReplyDelete
  75. Hallo kak... artikel nya sangat bermanfaat.
    aku boleh minta contoh pembuatan cv dan motivation letter nya??? Anggithermawati1@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  76. Hallo kak.. postingannya bermanfaat banget buat . kalau boleh liat minta tolong contoh motivation letter dong kak. makasii @yuliana.yeva@gmail.com

    ReplyDelete
  77. Hallo kak.. postingannya bermanfaat banget buat . kalau boleh liat minta tolong contoh motivation letter dong kak. makasii @yuliana.yeva@gmail.com

    ReplyDelete
  78. Hallo kak.. postingannya bermanfaat banget buat . kalau boleh liat minta tolong contoh motivation letter dong kak. makasii @yuliana.yeva@gmail.com

    ReplyDelete
  79. Hallo kak.. postingannya bermanfaat banget buat . kalau boleh liat minta tolong contoh motivation letter dong kak. makasii @yuliana.yeva@gmail.com

    ReplyDelete
  80. Hallo kak.. postingannya bermanfaat banget buat . kalau boleh liat minta tolong contoh motivation letter dong kak. makasii @yuliana.yeva@gmail.com

    ReplyDelete
  81. Hallo kak.. postingannya bermanfaat banget buat . kalau boleh liat minta tolong contoh motivation letter dong kak. makasii @yuliana.yeva@gmail.com

    ReplyDelete
  82. Hallo kak.. postingannya bermanfaat banget buat . kalau boleh liat minta tolong contoh motivation letter dong kak. makasii @yuliana.yeva@gmail.com

    ReplyDelete
  83. Hallo kak.. postingannya bermanfaat banget buat . kalau boleh liat minta tolong contoh motivation letter dong kak. makasii @yuliana.yeva@gmail.com

    ReplyDelete
  84. Hallo kak.. postingannya bermanfaat banget buat . kalau boleh liat minta tolong contoh motivation letter dong kak. makasii @yuliana.yeva@gmail.com

    ReplyDelete
  85. Hallo kak.. postingannya bermanfaat banget buat . kalau boleh liat minta tolong contoh motivation letter dong kak. makasii @yuliana.yeva@gmail.com

    ReplyDelete
  86. Hallo kak.. postingannya bermanfaat banget buat . kalau boleh liat minta tolong contoh motivation letter dong kak. makasii @yuliana.yeva@gmail.com

    ReplyDelete
  87. Hallo kak.. postingannya bermanfaat banget buat . kalau boleh liat minta tolong contoh motivation letter dong kak. makasii @yuliana.yeva@gmail.com

    ReplyDelete
  88. Hallo kak.. postingannya bermanfaat banget buat . kalau boleh liat minta tolong contoh motivation letter dong kak. makasii @yuliana.yeva@gmail.com

    ReplyDelete
  89. Kak, aku mau juga dong contoh motivation letter, contoh cv, sama proposalnya. Kirim kesini yaaa mutia.yirdam@yahoo.com makasiiiiih

    ReplyDelete
  90. kak boleh minta motlet dan contoh cv sama proposalnya . aidafitri744@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  91. Halo mbakkk.. Aku minta contoh proposal, motivation letter, CV, etc. Ini emailku mbak balkismulyaningrum@yahoo.com makasih ya mbak��

    ReplyDelete
  92. Salam mbak.. boleh minta contoh proposal, motivation letter, CV, etc. Ini emailku rusdiirfan30@gmail.com

    ReplyDelete
  93. Halo kak menarik sekali postingannyaa. Aku rencana winter ini juga mau exchange dan berminat ke turki/poland. Boleh minta contoh CV dan Motivation Letter nya untuk referensi? Kirim ke hariprasetio96@gmail.com ya.Trimakasih ya kak Trs tips u/nyari sponsor nya gimana ya??

    ReplyDelete
  94. Halo kak menarik sekali postingannyaa. Aku rencana winter ini juga mau exchange dan berminat ke turki/poland. Boleh minta contoh CV dan Motivation Letter nya untuk referensi? Kirim ke hariprasetio96@gmail.com ya.Trimakasih ya kak Trs tips u/nyari sponsor nya gimana ya??

    ReplyDelete
  95. Hai,nice post. Boleh minta contoh proposal dan cvnya? Heheh ke beby_armande@yahoo.co.id,trimss

    ReplyDelete
  96. Hai,nice post. Boleh minta contoh proposal dan cvnya? Heheh ke beby_armande@yahoo.co.id,trimss

    ReplyDelete
  97. Keren cerita ny :). Kak minta kirimkan cv & proposal ny ke email : assholamluthfi@gmail.com

    Thanks kak :)

    ReplyDelete
  98. luar biasa.. kak,,pngen minta tolong kirimkan cv dan proposalnya ke email fenirahma.31@gmail.com

    ReplyDelete
  99. Kak, aku juga mw contoh cv sama proposalnya ya kaa arifa.fauziya@gmail makasi banyak kak

    ReplyDelete
  100. halo kak, bermanfaat banget postingannya. oiya, aku boleh minta cv ama proposalnya ga kak, biar jadi bahan referensi. email aku indahyuliavickyta@gmail.com makasih ya kak, sukses selalu :)

    ReplyDelete
  101. Hallo kak e, boleh minta CV ma proposalnya kak?
    Ni email ku, arumsm3t@yahoo.com
    Thanks bgttt kak...

    ReplyDelete
  102. Hallo kak, boleh proposalnya kak?
    Ini email ku, fiefirst1@gmail.com
    Thanks kak...

    ReplyDelete
  103. Hallo kak nella. Kak aku lg daftar buat winter ke thailand. Aku boleh minta di kirimin sample cv proposal sama motiv letternya kak ? daradindaaa@gmail.com. thanks a lot kak

    ReplyDelete
  104. Aku boleh mnta cv, motiv letter sm proposalnya nggak mbaaaaak? :) hana_hartina@ymail.com

    ReplyDelete
  105. Hi kak, saya udah passed interview tp belum milih project, tp saya pengen banget ke turki. Bisa minta kontaknya ga untuk tanya2? Terimakasih��

    ReplyDelete
  106. Kak saya juga mau CV, proposal project, dan motivation letternya buat referensi, boleh ya? Ke dhiyanariefa@yahoo.com
    Makasih banyak kak :)

    ReplyDelete
  107. Halo kak, kebetulan saya volunteer juga di AIESEC Surabaya. Dan pas summer kemarin apply as buddy for EP. Dari pengalaman sebagai buddy saya jd penasaran dengan Global Citizen dari AIESEC. Boleh berbagi CV, Proposal project dan Motivation Letternya buat referensi kedepan? terima kasih.

    please send to fenderadr@gmail.com

    terima kasih banyak kak.

    ReplyDelete
  108. Halo kak saya juga maw dong contoh cv,motivation letter,dll...mhdhamzahf@gmail.com

    ReplyDelete
  109. selamat ya udah bisa ke luar negeri, semoga bisa diberi kesempatan lagi buat jalan2 ke luar negeri, amiin. boleh dong minta cv, motivation letter and proposal project nya buat menginspirasi and mau coba apply program aisec. tolong kirim ke email ya.thanks a lot sebelumnya

    ReplyDelete
  110. kak, saya juga mau dong kak proposal project, motivasion letter dan cv nya kak. tlg kirim ke darmiyana6@gmail.com ya kak..

    ReplyDelete
  111. halo kak, mau tanya dong, itu programnya berapa lama ya? ada pilihannya gitu nggak mau yang berapa lama? terimakasih kak sebelumnya :)

    ReplyDelete
  112. Haiii kak... Wah thanks banget ya kak udah mau sharing.. Btw, mau juga dong kak proposal project, motivation letter dan cv nya kak.. untuk contoh.. heheh.. kirimin ke evaerisa@gmail.com yaa kak.. makasih kak.. :)

    ReplyDelete
  113. Hai kaaaak, thanks bangettt buat infonyaaaa, kak mau minta tolong dong kirimin proposal project, motivation letter dan cv nya kaaa hehe
    Kirim ke feliciajuliana28@yahoo.co.id
    Thanksss banget kaa :)

    ReplyDelete
  114. Wah, very inspiring. Kakak boleh minta infonya tentang proposa, cv dan motivation letter nya.. terimakasih. fenirahma.31@gmail.com

    ReplyDelete
  115. Wah, very inspiring. Kakak boleh minta infonya tentang proposa, cv dan motivation letter nya.. terimakasih. fenirahma.31@gmail.com

    ReplyDelete
  116. Assalamu'alaikum kak. Wahh inspiring bgt hehe. Kebetulan aku baru coba ikut2an AIESEC kak program yg spring, sebenarnya krn iseng aja tau2nya dikontak buat ikut yg next step nah kan aku kaget pdhl b.ingg aku gk seberapa bagus ;-( btw, mau juga dong kak proposal project, cv, dan motivation letter nya (yasminaazizah@gmail.com). Thanks a lot :)

    ReplyDelete
  117. kak mau dong proposal untuk sponsor, proposal project, cv, dan motivation letter nya, makasih ka :) kirim ke adeliadwiyani@gmail.com

    ReplyDelete
  118. Hai kak �� Salam kenal yaa , tulisannya sangat menginspirasi, jadi pengen coba ikutan aiesec juga hehe, ngomong2 boleh minta kirimin contoh proposal project, CV dan Motivation Letter ke dwitasr@gmail.com kak ? Sebagai referensi hehe terimakasih sebelumnya kak :)

    ReplyDelete
  119. hay kak aku seneng banget baca blog kakak, btw aku pengen ikutan ini kak yg summer ini cuman ortu aku masih kayak setengah2 gitu ngijininnya, tp aku masih usaha sendiri sih buat exchange aku goal. aku mau minta referensi cv, motivation letter nya kak, bisa gak? tolong kirim ke email aku yaa kak renataganiswara@ymail.com semoga dari balasan email kakak nanti aku bisa komunikasi sm kakak, makasih banyak :)

    ReplyDelete
  120. halo salam kenal kak,kebetulan aku berminat buat daftar exchange aisec,kak boleh tau sesampainya di turki kk disediain host fam ga? Kk habis budget brp ke turkinya? Memang persyaratan klo ke turki harus tau native language nya gk kak? Maaf bnyk tanya kak._.

    boleh minta kirimin contoh proposal project, CV dan Motivation Letter ke indahrezki4@yahoo.co.id
    Makasih banyak kak :)

    ReplyDelete
  121. Haii, aku lg kepingin daftar but exchange k russia / turki jugaa. Boleh ga aku liat cv sm motivation letter km? Klo boleh kirim k email ku dong : louiskevin17@gmail.com

    ReplyDelete
  122. Haii kak aku jga pngen daftar aiesec,,,bisa mnta contoh cv ,motivation letter dan sponsornya kah. Ini emailku mhdhamzahf@gmail.com

    ReplyDelete
  123. Seneng banget baca cerita dan pengalamannya, jadi tertarik untuk ikutan program dari AIESEC. Boleh liat dan boleh minta kirim CV, motivation letter dan proposal projectnya ke pyoochun86@yahoo.com ? Terima kasih ^^

    ReplyDelete
  124. Halo, could you drop me an e-mail? to wildanfzn@gmail.com?
    Gua lagi nyari2 project juga ke Turki nih. Niatnya mau sharing-sharing pengalaman disana especially tentang budget. Boleh? hehe kalau berkenan mohon di e-mail yaa:) hehe

    ReplyDelete
  125. hai kak aku udah baca ceritanya, aku tadi diumumin klo ada winter exchange tahun ini dan aku pengen ikut tapi sebelumnya aku baru tau tentang AIESEC dikit banget. boleh minta project proposal,motivation letter,CV dan semua muanya ga kak buat contoh seperti apa bikinnya:) ke email aku ya kak riska_hariyana@yahoo.co.id makasiiiii:D

    ReplyDelete
  126. halo kak :D AKU SANGAT TERTARIK DENGAN PENGALAMAN KAKAK
    BULAN 6 INI AKU AKAN IKUT SUMMERPROJECT AIESEC,SEMOGA BISA MEMBERI MAKNA KE ORANG LAIN,SEPERTI KAKAK.
    TAPI AKU SEDANG BUTUH BANTUAN DANA,AKU BOLEH MINTA PROJECT PROPOSAL KAKAK?UNTUK JADI REFERENSIKU terimakasih

    EMAIL tesalonikabrginting78@gmail.com

    ReplyDelete
  127. hi kak!!! bermanfaat banget nih blog nya!btw aku mau dong project proposal dll nya kak. ini email aku kurniawatiluky@gmail.com
    hehe soalnya aku mau ikut aiesec juga summer ini.thankyou kaaa

    ReplyDelete
  128. Halo kak!! aku sangat tertarik bgt mengikuti program ini karena blog kaka! aku mau dong kak proposal projectnya, tolong dikirim ke emailku ya ifautami@rocketmail.com. terimakasih :-)

    ReplyDelete
  129. hallo ka, nice post ka, bermanfaat banget blognya, akmu mau proposal projectnya dong kaa. emailku hilwafiqriah@gmail.com terima kasih :)

    ReplyDelete
  130. hai kaak, aku baru lolos aiesec untuk summer ini kak.
    keren banget kakak bisa ke turki, negara impianku juga kaak :D
    tapi bingung mau kesana katanya butuh biaya yang lebih gede ya kak?
    aku mau lihat proposal project kakak dong, buat referensi mungkin aku juga bisa nyusul ke turki summer ini :)

    aisyahbintibapaknya@gmail.com

    ReplyDelete
  131. Hi kak nela , aku baru lolos aiesec nih untuk ikut summpro kak, keren ya ngebaca blog pengalaman kak nela , boleh dong berbagi PROPOSAL PROJECT nya kak buat referensi , semoga saja saya bisa seperti kak nela untuk summer INI makasih banyak ya kak Nela ������

    ini email saya kak Nela

    rezarizki631@gmail.com

    ReplyDelete
  132. Hi kak nela , aku baru lolos aiesec nih untuk ikut summpro kak, keren ya ngebaca blog pengalaman kak nela , boleh dong berbagi PROPOSAL PROJECT nya kak buat referensi , semoga saja saya bisa seperti kak nela untuk summer INI makasih banyak ya kak Nela ������

    ini email saya kak Nela

    rezarizki631@gmail.com

    ReplyDelete
  133. Hi kak, ikut seneng deh baca pengalamannya kakak. aku juga mau berencana ikut aiesec nih, boleh kirimin cv dan motivation letternya kak untuk referensi? rizka.nur.k@gmail.com thank you so much kak^^

    ReplyDelete
  134. halo kak! Makasih banyak info2 yang udah dimuat kakk😁 btw boleh kirim ke email mk_nabila@rocketmail.com buat contoh project proposal,motivation letter,CV dan yang lain2nya ga kak untuk refrensi? biar gak bingung hehe makasih kak sebelumnya^^

    ReplyDelete
  135. halo kak! Makasih banyak info2 yang udah dimuat kakk😁 btw boleh kirim ke email mk_nabila@rocketmail.com buat contoh project proposal,motivation letter,CV dan yang lain2nya ga kak untuk refrensi? biar gak bingung hehe makasih kak sebelumnya^^

    ReplyDelete
  136. Terima kasih Kak atas pembagian pengalamannya. Tolong dikirim ya Kak yang diperlukan sebagai referensi saya. purba_roger@ymail.com

    ReplyDelete
  137. menarik juga pengalamannya. boleh dikirimkan project, CV, dll yg dibutuhkan untuk keperluan ini?
    saya gak ada referensi nih. ditunggu kiriman berkas2nya hjwnjg2@gmail.com

    ReplyDelete
  138. hallo kak, artikel yang sangat menarik. saya jadi ingin sekali ikut exchange tahun ini. kalau boleh, berbagi dong segala yang diperlukan dari CV, Motivation letter, Project, dll, untuk referensi saya kak. ke eko.ragil06@gmail.com

    ditunggu responnya kak :)

    trims...

    ReplyDelete
  139. Halo Kak Nela,

    Terima kasih banyak udah nulis dan share pengalaman selama ikutan AIESEC ini, Jadi terinspirasi buat apply karena kebetulan aku anak PLB hehe
    Aku boleh liat rekomendasi sama proposal projectnya ga? ini email aku ditxpratiwi@gmail.com Thanks before ka Nela :)

    Best regards,

    Dita

    ReplyDelete
  140. Assalamualaikum
    Ka saya mau nanya Program AIESEC ini Apakah ada Beasiswanya atau didanai okeh Kita Sendiri.Kan kalau AFS Uang sendiri ya kalau YES nya baru Beasiswa Kalau Ini gimana ? Adakah Yang beasiswa
    Thanks
    Wassalam
    fauzizamzami97@gmail.com

    ReplyDelete
  141. Halo Kak saya winter ini juga berminat untuk apply bisa tolong kirimin CV dan motivation letter nya kak : Femihaling@gmail.com
    Btw kemaren nyari sponsor juga kak?

    ReplyDelete
  142. hallo ka, saya Hani saya sangat berminat untuk ikut exchange AIESEC. ka boleh liat CV dan motivation letternya.
    Terimakasih
    hanivarf@yahoo.com

    ReplyDelete
  143. Halo Kak saya winter ini juga berminat untuk apply bisa tolong kirimin CV, proposal project dan motivation letter nya kak ke junadiasilalahi@gmail.com
    Makasih banyak kak

    ReplyDelete
  144. APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN KREDIT ??

    Halo, nama saya adalah Mr Fred. Saya seorang pemberi pinjaman swasta yang
    andcorporat untuk memberikan pinjaman kepada perorangan. Apakah Anda telah berubah
    turun begitu banyak bank? Apakah Anda perlu membiayai untuk membangun YourBusiness? Apakah Anda
    perlu pembiayaan untuk ekspansi bisnis Anda? Atau apakah Anda membutuhkan pribadi
    pinjaman? Pinjaman saya berkisar dari pribadi untuk pinjaman bisnis. Tingkat bunga saya
    sangat terjangkau. 3%, dan maksimum € 50,000.00 setidaknya
    500,000,000,000.00 €, atau proses pinjaman sangat cepat juga. Saya sangat
    bersedia untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Jika Anda
    benar-benar siap toget masalah keuangan Anda diselesaikan, daripada pencarian lagi dan
    Mengajukan pinjaman hari ini melalui email: (fredlarryloanfirm@gmail.com) saya berharap dalam melakukan bisnis dengan Anda.

    Mr Fred larry
    CEO.

    ReplyDelete
  145. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  146. Haii kaak, lucky me nemuin blog kakak, motivating banget content blognya. Boleh dong kak CV proposal project Dan motivation letter nya kak nurighwanas@gmail.com. thank you kaak

    ReplyDelete
  147. APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN KREDIT ??

    Halo, nama saya adalah Mr Fred. Saya seorang pemberi pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kepada perorangan dan perusahaan. Apakah Anda pernah ditolak oleh banyak bank? Apakah Anda perlu pembiayaan untuk membangun bisnis Anda? Apakah Anda perlu pembiayaan untuk ekspansi bisnis Anda? Atau apakah Anda membutuhkan pinjaman pribadi? berkisar pinjaman saya. dari pribadi untuk pinjaman bisnis. Tingkat bunga saya sangat terjangkau. 3%, dan paling 50.000,00 € maksimal € 500,000,000,000.00 €, proses kredit kami sangat fastva baik. Saya sangat bersedia untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Jika Anda benar-benar siap untuk mendapatkan masalah keuangan Anda terpecahkan, Kemudian cari tidak ada
    lebih lanjut dan mengajukan pinjaman hari ini Email melalui: (fredlarryloanfirm@gmail.com). Saya berharap dalam melakukan bisnis dengan Anda.

    Mr Fred larry
    CEO.

    ReplyDelete
  148. APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN KREDIT ??

    Halo, nama saya adalah Mr Fred. Saya seorang pemberi pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kepada perorangan dan perusahaan. Apakah Anda pernah ditolak oleh banyak bank? Apakah Anda perlu pembiayaan untuk membangun bisnis Anda? Apakah Anda perlu pembiayaan untuk ekspansi bisnis Anda? Atau apakah Anda membutuhkan pinjaman pribadi? berkisar pinjaman saya. dari pribadi untuk pinjaman bisnis. Tingkat bunga saya sangat terjangkau. 3%, dan paling 50.000,00 € maksimal € 500,000,000,000.00 €, proses kredit kami sangat fastva baik. Saya sangat bersedia untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Jika Anda benar-benar siap untuk mendapatkan masalah keuangan Anda terpecahkan, Kemudian cari tidak ada
    lebih lanjut dan mengajukan pinjaman hari ini Email melalui: (fredlarryloanfirm@gmail.com). Saya berharap dalam melakukan bisnis dengan Anda.

    Mr Fred larry
    CEO.

    ReplyDelete
  149. Anda memiliki hutang, atau yang Anda menolak pinjaman di bank? Tim kami akan membantu dalam memecahkan masalah Anda dengan tingkat bunga 2%. Kami merekomendasikan pinjaman cepat untuk tujuan apapun. Hanya ID card, verifikasi cepat, formalitas minimum, akseptabilitas tinggi Proposal dan keputusan kredit dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa perlu Memberikan bukti pendapatan. Kami punya jumlah pinjaman yang tinggi hingga 10 Miliar dari mata uang di dunia periode pembayaran kami adalah dari 6 bulan sampai 20 tahun. Tidak ada pemeriksaan kredit atau sejarah kredit. Datang kepada kami, kami menangani semuanya dalam satu hari. Hubungi kami hari ini melalui email kami: dewiahmad.loanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  150. Halo,
    Saya Bishop T.D Jakes, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di:
    (bishopjakesloancompany@gmail.com)

    ReplyDelete
  151. APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN KREDIT ??

    Halo,

    Nama saya Mr Fred. Saya seorang pemberi pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kepada swasta dan
    individu perusahaan. Apakah Anda pernah ditolak oleh
    begitu banyak bank? Apakah Anda perlu pembiayaan untuk membangun Anda
    bisnis? Apakah Anda perlu pembiayaan untuk ekspansi Anda
    bisnis? Atau apakah Anda membutuhkan pinjaman pribadi? pinjaman saya
    berkisar. dari pribadi untuk pinjaman bisnis. minat saya
    Tingkat sangat terjangkau. 3%, dan paling 50.000,00 € maksimal € 500,000,000,000.00 €, proses kredit kami sangat cepat
    demikian juga. Saya sangat bersedia untuk membuat semua keuangan Anda
    mengacaukan sesuatu dari masa lalu. Jika Anda benar-benar siap untuk
    mendapatkan masalah keuangan Anda terpecahkan, Kemudian cari tidak ada
    lebih lanjut dan mengajukan pinjaman hari ini Email melalui:
    (Fredlarryloanfirm@gmail.com). Saya berharap dalam melakukan
    bisnis dengan Anda.

    Mr Fred larry
    CEO.

    ReplyDelete
  152. Halo ka, Saya Aisyah dan saya merasa senang sekali seketika membaca tulisan kakak ini. Sangat inspiratif :) mau tanya, kakak sebelumnya ikut aiesec global leader ga? trs brp lama waktu volunteering di turki? kira-kira habis brp(excluded program fee-nya)untuk makan, tempat tinggal, airfare, dkk?

    ReplyDelete
  153. Anda dipersilakan untuk JULIAN CLARK PINJAMAN PERUSAHAAN. Kami sedang memberikan pinjaman untuk setiap bagian dari dunia pada tingkat bunga 3%. Jika tertarik, kontak Mr Julian Clark dengan alamat email dibawah Email: julianclarkcompany@gmail.com.

    Salam
    J_C Lender.
    Facebook: julian clark

    ReplyDelete
  154. Hi, Kak Nela!
    I am so glad to read your article as it gives me not only a sneak peak but almost the whole outline of Global Citizen by AIESEC experience. Tbh, i would like to join any kind of volunteering program, but this one caught my eyes the most. I do wish to be accepted to join in, probably in January 2017. By that, would you please help me to fulfill my wish by sending me documents needed for the program (such as CV, motivation letter, and projects proposal)? If you would, please send it to gitaandrawinacendekia@gmail.com
    Your help is highly awaited and appreciated
    Thank you so much

    ReplyDelete
  155. Kami adalah organisasi yang dibentuk untuk membantu orang yang membutuhkan
    bantuan, seperti bantuan keuangan. Jadi, jika Anda akan melalui keuangan
    masalah jika Anda memiliki berantakan keuangan dan Anda perlu dana untuk
    memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar
    tagihan, memulai bisnis yang bagus, atau Anda merasa sulit
    mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, hubungi kami hari ini via e - email
    joycerolandloancompany@gmail.com
     "Jadi, jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu,
    Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..

    Namamu: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negaramu: ____________________
    Tugas Anda: __________________
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: ______________
    Jangka waktu pinjaman: ____________________
    Pendapatan bulanan: __________________
    Nomor handphone: ________________
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________
    Jika Anda telah mengajukan pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan jujur? ...

    Bertindak cepat dan keluar dari tekanan keuangan, berantakan, dan tantangan
    hubungi hari ini melalui e - mail: joycerolandloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  156. Fred larry lembaga keuangan.

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman? untuk pendanaan proyek apapun .;

    Seperti:
    a) Personal Loan, Ekspansi Bisnis.
    b) Business Start-up dan Pendidikan.
    c) Konsolidasi Utang.

    Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga rendah dari 3% dan dengan tidak pemeriksaan kredit, kami bersertifikat perusahaan sepanjang tawaran dunia.Kami
    pinjaman pribadi, pinjaman konsolidasi utang, modal ventura, bisnis
    pinjaman, Pendidikan Pinjaman, pinjaman rumah.

    Catatan: Setiap Pelamar yang berminat harus kembali ke kami melalui email untuk lebih lanjut
    informasi tentang program pinjaman kami.

    Nama: Mr Fred
    Email kami via (fredlarryloanfirm@gmail.com)

    Terima kasih atas pengertian Anda untuk kontak Anda seperti yang kita Tunggu

    Salam
    Pengelolaan

    ReplyDelete
  157. (Merithope6@gmail.com)

    Hello am Mrs, Merit. pemberi pinjaman kredit yang sah dan dapat diandalkan untuk pemberi pinjaman, eh tawaran pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman Hotel, tawaran komersial, yang harus memperbarui semua situasi keuangan di dunia / perusahaan untuk membantu mereka yang terdaftar pemberi pinjaman uang pinjaman pribadi, hipotek, kredit konstruksi , suku bunga rendah dari 2% dll modal, pinjaman usaha dan pinjaman kredit buruk kerja, start up. Kami membiayai proyek di tangan dan perusahaan Anda / mitra dan saya ingin menawarkan pinjaman pribadi untuk klien mereka dari USD $ 12.000 sampai $ 8.000.000 euro dan pound saja. Aku memberikan pinjaman usaha,
    pinjaman pribadi, pinjaman mahasiswa, kredit mobil dan pinjaman untuk membayar tagihan. jika kamu
    membutuhkan pinjaman yang harus Anda lakukan adalah untuk Anda untuk menghubungi saya secara langsung
    Dalam: (merithope6@gmail.com)
    Tuhan memberkati Anda.
    Hormat kami,
    Mrs: jasa Harapan
    Email: (merithope6@gmail.com)

    Catatan: Semua respon harus dikirim ke: (merithope6@gmail.com). hubungi kami melalui e-mail untuk informasi lebih lanjut

    ReplyDelete
  158. nice sharing kak. Saya minta motivation letter&cvnya ya, tertarik juga nih hehe samhan_mail@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  159. Halo, aku Joy Wilson, pemberi pinjaman kredit swasta, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya sah terdaftar dan disetujui untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: joywilsonloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  160. APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN KREDIT ??

    Halo,

    Nama saya Mr Fred. Saya seorang pemberi pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kepada perorangan dan perusahaan. Apakah Anda pernah ditolak oleh banyak bank? Apakah Anda perlu pembiayaan untuk membangun bisnis Anda? Apakah Anda perlu pembiayaan untuk ekspansi bisnis Anda? Atau apakah Anda membutuhkan pinjaman pribadi? berkisar pinjaman saya. dari pribadi untuk pinjaman bisnis. Tingkat bunga saya sangat terjangkau. 3%, dan paling 50.000,00 € maksimal € 500,000,000,000.00 €, proses kredit kami sangat cepat juga. Saya sangat bersedia untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Jika Anda benar-benar siap untuk mendapatkan masalah keuangan Anda terpecahkan, Kemudian cari tidak ada
    lebih lanjut dan mengajukan pinjaman hari ini Email melalui: (fredlarryloanfirm@gmail.com). Saya berharap dalam melakukan bisnis dengan Anda.

    Mr Fred larry
    CEO.

    ReplyDelete
  161. Kami bersertifikat Lender Pinjaman swasta yang berbasis di negara bersatu, kami menawarkan pinjaman aman dan tidak aman untuk individu, perusahaan dan bodies.We perusahaan juga menawarkan semua jenis pinjaman.
    Hubungi kami hari ini melalui e-mail
    dianawhiteloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  162. Hai kak Nela! kebetulan aku baru kepikiran untuk join AIESEC dan nemu artikel kakak. aku boleh minta dokumen2 yang diperlukan (such as CV, motivation letter, and projects proposal)? kalau boleh, bisa dikirim kesini ya kaak amalia.nadira@yahoo.co.id thankyou, i really expecting your mail in my inbox :)

    ReplyDelete
  163. hai kak Nela,, kebetulan lagi nyari organisasi yang ad program exchange nya, dan pas googling liat artikel ini, pas baca sama bnget pernah ikut AFS dan tidak mempersiapkanya dengan baik, jdi sekarang lagi pngen mempelajari program dri AIESEC, jdi boleh dong ka share CV sama proposal projectnya k email saya,, ktiarakurnia@yahoo.com thank u ka.. :D may god blessing your kindness..

    ReplyDelete
  164. Hei Kak, Aku tertarik nih mau ikut aisec juga. boleh dong tunjukin cv sama motivation latternya kakak. Tolong ya kak, ini email aku : Agens51@yahoo.co.id

    Thanks kak

    ReplyDelete
  165. blognya sangat inspiratif:) saya tertarik dengan program AIESEC ingin mencari pengalaman baru,boleh share CV sama proposal projectnya ngga ke email saya mia.miaaprilia@gmail.com thank you:)

    ReplyDelete
  166. Kami adalah sebuah organisasi hukum yang diciptakan untuk membantu Orang-orang yang membutuhkan bantuan, seperti bantuan keuangan.

    Jadi jika Anda atau Anda berada dalam kesulitan keuangan di kekacauan keuangan, dan Anda perlu uang untuk memulai bisnis Anda itu sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang atau membayar Tagihan Anda, memulai bisnis yang baik, atau telah meminjam Kesulitan lebih dari bank lokal, hubungi kami hari ini

    E-mail: glantpaydayloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  167. Kami Keluarga Islam Abdallah, Afandi Kami memberikan pinjaman kepada perniagaan dan
    individu pada kadar faedah yang rendah dan faedah berpatutan
    Adakah anda memerlukan bantuan kewangan? Adakah anda dalam mana-mana krisis kewangan atau adakah anda memerlukan dana untuk memulakan perniagaan anda sendiri? Adakah anda memerlukan wang untuk menyelesaikan hutang anda atau membayar bil-bil anda atau memulakan perniagaan yang baik? Adakah anda mempunyai skor kredit yang rendah dan anda mendapati sukar untuk mendapatkan perkhidmatan modal dari bank-bank tempatan dan institusi kewangan lain? Di sini adalah peluang anda untuk mendapatkan perkhidmatan kewangan dari syarikat kami. kami tawarkan dan dipajak dana kepada individu bagi maksud yang berikut dan banyak lagi. dana peribadi, Pengembangan Perniagaan, Permulaan Perniagaan, Pendidikan, Penyatuan Hutang, dana Hard Money. Kami menawarkan dana pada kadar faedah yang rendah sebanyak 3%. Hubungi kami e-mel hari ini: Abdallah.afandi@financier.com

    ReplyDelete
  168. Halo kak aku berminat untuk ikut AIESEC boleh minta contoh CV dan motivation letter gak ya kak? Liacitania@gmail.com terimakasih banyak kakk☺️

    ReplyDelete
  169. hallo kak, aku pengen ikutan aiesec nih. Boleh minta tolong kirimin proposal
    project, CV, dan motivation letternya ke email litaputri10@gmail.com

    ReplyDelete
  170. halo kak, salam kenal! kebetulan saya baru ketemu tulisan kakak dan saya interest bgt sama AIESEC. saya boleh minta tolong dikirimin contoh CV dan motivation letternya ga kak? email saya mic.manuela@gmail.com thankyou bgt kak

    ReplyDelete
  171. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  172. Assalamu'alaikum.
    Selamat pagi/siang/malam, Kak Nela! Terimakasih telah membagikan pengalaman inspiratifnya. Jika berkenan, saya juga mau dong kak contoh cv, motivation letter, dan proposal sponsornya, terimakasih ya Kak sebelum nya:) E-mail saya:
    aisy.ghina@gmail.com
    Wassalamu'alaikum.

    ReplyDelete
  173. Assalamualaikum kk prknlkn akj sabila aku jg Aiesecer nih, dn rncnny mai brngkt winter ini blh mnta proposal projecy, cv dan motivation letterny gk kk ? Buat referensi aj kk mksh sblmny wassalam.😊

    ReplyDelete
  174. Assalamualaikum kk prknlkn akj sabila aku jg Aiesecer nih, dn rncnny mai brngkt winter ini blh mnta proposal projecy, cv dan motivation letterny gk kk ? Buat referensi aj kk mksh sblmny wassalam.😊 ini email aku kk sabilapd116@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  175. Assalamualaikum kk prknlkn akj sabila aku jg Aiesecer nih, dn rncnny mai brngkt winter ini blh mnta proposal projecy, cv dan motivation letterny gk kk ? Buat referensi aj kk mksh sblmny wassalam.😊 ini email aku kk sabilapd116@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  176. Assalamualaikum kk prknlkn akj sabila aku jg Aiesecer nih, dn rncnny mai brngkt winter ini blh mnta proposal projecy, cv dan motivation letterny gk kk ? Buat referensi aj kk mksh sblmny wassalam.😊

    ReplyDelete
  177. Halo kak, saya Alief dari ugm mau tanya2 jg nih hehe
    Blh minta emailnya kak? Sama kalo boleh liat proposal project, proposal sponsor, & motivation letternya juga dong kak! Emailku nauval.alief@gmail.com

    Makasiih sblmnya

    ReplyDelete
  178. assalamu'allaikum kak, aku alhamdulilah keterima buat jd volunteer di winter ini tp blm ada gambaran untuk proposalnya kak dan mau liat juga dong proposal sponsor, motivation letter kk sbg contoh kak. ini e-mail aku trikurniamput@gmail.com makasih ya kak:)

    ReplyDelete
  179. Halo,
    Saya Bishop T.D Jakes, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda dalam setiap jenis kesulitan keuangan? Kebutuhan pinjaman untuk konsolidasi utang, konstruksi, pinjaman real estate, pembiayaan kembali, pribadi, tujuan bisnis atau uang darurat? Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita yang berpikir untuk memperluas bisnis Anda menawarkan pinjaman dari semua jenis. jika tertarik hubungi kami hari ini melalui (bishopjakesloancompany@gmail.com)

    ReplyDelete
  180. HALO!!!

    Mendapatkan pinjaman yang sah selalu menjadi masalah besar Untuk klien yang memiliki masalah keuangan dan perlu solusi untuk itu. Masalah kredit dan agunan adalah sesuatu yang klien selalu khawatir tentang ketika mencari pinjaman dari pemberi pinjaman yang sah. Tapi kami telah membuat bahwa perbedaan dalam industri pinjaman. Kami menawarkan pinjaman dari kisaran $ 2.500. untuk $ 500,000.000

    Layanan kami meliputi:
    Konsolidasi hutang
    Hipotek kedua
    Pinjaman Bisnis
    Pinjaman pribadi
    Pinjaman International
    Pinjaman untuk setiap jenis
    pinjaman keluarga
    E.T.C

    Tidak ada jaminan sosial dan tidak ada pemeriksaan kredit, jaminan 100%. Yang harus Anda lakukan adalah biarkan kami tahu apa yang Anda inginkan dan kami pasti akan membuat impian Anda menjadi kenyataan. Terakhir, Perantara dan lembaga keuangan skala kecil Untuk keterangan lebih lanjut untuk pergi tentang pengadaan pinjaman silakan hubungi kami, (Martinlaurafinancefirm@gmail.com)
    TERIMA KASIH...

    ReplyDelete
  181. halo kak saya Feisal, winter ini saya akan berangkat exchange, boleh minta contoh proposal sponsor dan projectnya ka ? ini email saya ka feisalgibranm@gmail.com, terimakasih banyak ka :)

    ReplyDelete
  182. kereen bgt sista!! btw aku mauu dong liat contoh rekomendasi sm proposal projectnyaa email: minatokushina4@gmail.com . sukses terus yaa:)

    ReplyDelete
  183. Halo kak Nela! Waaah seneng banget bisa nemu blog kakak dan tau lebih banyak tentang AIESEC. Salam kenal aku Fiya. Btw, aku daftar juga untuk winter season tahun ini. Aku pengen banget kak ke Turkey atau Jerman. Membaca blog kakak ini, jadi makin pengen huhu. Sekarang ini, aku lagi bingung banget bikin CV dan Motivation Letter. Kalau boleh, aku mau lihat CV dan Motivation Letter kak Nela seperti apa. Ini emailku kak afiyahtz@gmail.com. Ohiya aku mau tanya tips&trick supaya dapat sponsor gimana ya kak? Mohon dibalas ya kak. Terimakasih banyaaaaaak :D

    ReplyDelete